Pages

Saturday, July 5, 2014

perihal meletakan tangan di atas kepala saat membaca penutup surah alhasyr pada ratib al attas




 Ketika membaca penutup surah al hasr pada ratib al attas atau wirdul latif kita sering meletakan tangan di atas kepala tentunya kita bertanya kenapa ini dilakukan. Dan kebanyakan dari k kitapun melakukann  karena melihat guru atau orang lain melakukannya...tak salah memang bahkan bagus kita melihat guru berbuat demikian dan kita pun melakukannya inilah iman golongan terbanyak (sam’an watoatan) keimanan seperti ini di puji oleh imam Alghazaly. Beliau katakan hebatnya iman orang kampung kalau kata kiyai atau ustadz atau guru demikian ya demikian..tapi lihat orang kota yang mengaku intelek sam’an wa nanya-nanya.... mana dalilnya? Sohih ga? Hadis bukan?.  Wallahu a’lam
.
Perihal mengenai peletakan tangan di saat membaca surah al hasyr tersebut dalam hadist yang diriwayatkan dari Sayyiduna ‘Abdullah bin Mas‘ud RA dan juga Sayyiduna ‘Ali bin Abi Talib RA. Hadis ‘Abdullah bin Mas‘ud RA diriwayatkankan oleh Abu Nu‘aym, al-Khatib, al-Daylami, Ibn al-Taylasan, dan lain-lain. Manakala hadis ‘Ali bin Abi Talib RA diriwayatkankan oleh al-Daylami saja. Silakan lihat takhrij dan kupasan tentangnya secara detil dalam kitab Kasyf al-Labs ‘an Hadith Wad‘ al-Yad ‘ala al-Ra’s.

عن علقمة والأسود: قرأنا على عبد الله بن مسعود، فلما انتهينا إلى خاتمة سورة الحشر قال: ضعا أيديكما على رؤوسكما فإني قرأت على النبي صلى الله عليه و سلم فلما بلغت هذه الآية قال: ضع يدك على رأسك فإن جبريل عليه السلام لما نزل بها علي قال لي: ضع يدك على رأسك فإنها شفاء من كل داء إلا السام، وهو الموت.

Terjemahan:
Dari Alqamah dan al-Aswad: Kami membaca al-Quran kepada ‘Abdullah bin Mas‘ud RA, lalu tatkala kami sampai di penutup Surah al-Hasyr, beliau berkata: Letakkan tangan kamu berdua di kepala kamu, sesungguhnya aku pernah membaca kepada Nabi SAW, maka ketika aku sampai pada ayat ini baginda bersabda: “Letakkan tangan kamu di kepala kamu, sesungguhnya Jibril AS ketika menurunkannya kepadaku beliau berkata kepadaku: Letakkan tangan kamu di kepala kamu, sesungguhnya ia adalah penawar dari segala penyakit kecuali mati”.

al-Sayyid Muhammad ‘Abd al-Hayy al-Kattani(w. 1382H) salah seorang ulama ahli hadist dari damsiq merumuskan bahwa hadis ini bukan palsu . Ia masih dapat diamalkan sekurang-kurangnya dalam bab  fadha’il amal. Imam al-Sayyid Muhammad ‘Abd al-Hayy al-Kattani turut menyebutkan banyak alim ulama yang mengamalkan hadis ini.

Amalan inipun terdapat dalam wazifah zarrruqiyah susunan Imam Ahmad Zarruq al-Syazili (w. 899H) adalah konsep wirid asal bagi amalan al-Masthurat yang dimasyhurkan oleh Imam Hasan al-Banna.atau juga di kenal wazifah kubra.

di antara awrad Wazifah Zarruqiyyah ialah membaca tiga ayat terakhir Surah al-Hasyr, dan Imam Zarruq menyebutkan:

وهو واضع يده اليمنى على رأسه.
(Sambil ia meletakkan tangan kanannya di kepala) yakni ketika membaca ketiga ayat tersebut. Namun, kaifiat ini ditiadakan dalam amalan al-Matshurat Imam Hasan al-Banna.

Bagi kalangan pesantren dan ahli majlis lebih sering membaca wirdul latif susunan dari Al imam quthub Habib Abdullah bin alwi alhadad sohibur ratib.

silahkan download kitab  Kasyf al-Labs ‘an Hadith Wad‘ al-Yad ‘ala al-Ra’s.