Ketika membaca penutup surah al hasr pada ratib
al attas atau wirdul latif kita sering meletakan tangan di atas kepala tentunya
kita bertanya kenapa ini dilakukan. Dan kebanyakan dari k kitapun melakukann karena melihat guru atau orang lain
melakukannya...tak salah memang bahkan bagus kita melihat guru berbuat demikian
dan kita pun melakukannya inilah iman golongan terbanyak (sam’an watoatan)
keimanan seperti ini di puji oleh imam Alghazaly. Beliau katakan hebatnya iman
orang kampung kalau kata kiyai atau ustadz atau guru demikian ya demikian..tapi
lihat orang kota yang mengaku intelek sam’an wa nanya-nanya.... mana dalilnya? Sohih
ga? Hadis bukan?. Wallahu a’lam
.
Perihal mengenai peletakan tangan di saat
membaca surah al hasyr tersebut dalam hadist yang
diriwayatkan dari Sayyiduna ‘Abdullah bin Mas‘ud RA dan juga Sayyiduna ‘Ali bin
Abi Talib RA. Hadis ‘Abdullah bin Mas‘ud RA diriwayatkankan oleh Abu Nu‘aym,
al-Khatib, al-Daylami, Ibn al-Taylasan, dan lain-lain. Manakala hadis ‘Ali bin
Abi Talib RA diriwayatkankan oleh al-Daylami saja. Silakan lihat takhrij dan
kupasan tentangnya secara detil dalam kitab Kasyf al-Labs ‘an Hadith
Wad‘ al-Yad ‘ala al-Ra’s.
عن علقمة والأسود: قرأنا على عبد الله بن مسعود، فلما انتهينا إلى خاتمة سورة الحشر قال: ضعا أيديكما على رؤوسكما فإني قرأت على النبي صلى الله عليه و سلم فلما بلغت هذه الآية قال: ضع يدك على رأسك فإن جبريل عليه السلام لما نزل بها علي قال لي: ضع يدك على رأسك فإنها شفاء من كل داء إلا السام، وهو الموت.
Terjemahan:
Dari Alqamah dan al-Aswad: Kami membaca al-Quran kepada ‘Abdullah bin
Mas‘ud RA, lalu tatkala kami sampai di penutup Surah al-Hasyr, beliau berkata:
Letakkan tangan kamu berdua di kepala kamu, sesungguhnya aku pernah membaca
kepada Nabi SAW, maka ketika aku sampai pada ayat ini baginda bersabda: “Letakkan
tangan kamu di kepala kamu, sesungguhnya Jibril AS ketika menurunkannya
kepadaku beliau berkata kepadaku: Letakkan tangan kamu di kepala kamu,
sesungguhnya ia adalah penawar dari segala penyakit kecuali mati”.
al-Sayyid
Muhammad ‘Abd al-Hayy al-Kattani(w. 1382H) salah seorang
ulama ahli hadist dari damsiq
merumuskan bahwa hadis
ini bukan palsu . Ia masih dapat diamalkan sekurang-kurangnya
dalam bab fadha’il amal. Imam al-Sayyid Muhammad ‘Abd al-Hayy al-Kattani
turut menyebutkan banyak alim ulama yang mengamalkan hadis ini.
Amalan inipun terdapat dalam wazifah zarrruqiyah
susunan Imam Ahmad Zarruq al-Syazili (w. 899H) adalah konsep wirid asal bagi
amalan al-Masthurat yang dimasyhurkan oleh Imam Hasan al-Banna.atau juga di
kenal wazifah kubra.
di antara awrad Wazifah Zarruqiyyah ialah membaca tiga
ayat terakhir Surah al-Hasyr, dan Imam Zarruq menyebutkan:
وهو واضع يده اليمنى على رأسه.
(Sambil ia meletakkan tangan kanannya di kepala) yakni
ketika membaca ketiga ayat tersebut. Namun, kaifiat ini ditiadakan dalam amalan
al-Matshurat Imam Hasan al-Banna.
Bagi kalangan pesantren dan ahli majlis lebih sering
membaca wirdul latif susunan dari Al imam quthub Habib Abdullah bin alwi
alhadad sohibur ratib.
silahkan download kitab Kasyf al-Labs ‘an Hadith Wad‘ al-Yad ‘ala al-Ra’s.
silahkan download kitab Kasyf al-Labs ‘an Hadith Wad‘ al-Yad ‘ala al-Ra’s.